Friday 10 May 2013

Tools Untuk Pemrograman Android

Sebelum melakukan pemrograman aplikasi Android tentunya kita harus memiliki beberapa tools wajib untuk melakukan pemrograman Android. Berita baiknya tools ini free alias gratis, jadi tidak perlu kawatir mengenai lisensinya. Nah disini akan saya share mengenai apa saja yang harus kita siapkan sebelum melakukan pemrograman Android. 


  • Java Developtment Kit (JDK)
    Pada dasarnya Android menggunakan bahasa pemrograman JAVA, sehingga agar aplikasi Android dapat berjalan JDK wajib terinstal pada komputer Anda. JDK merupakan library yang berisi komponen- komponen yang dibutuhkan  untuk mengembangkan aplikasi JAVA. JDK dapat Anda download melalui http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html
  • Android Software Development Kit (SDK)
    Android SDK juga merupakan komponen yang wajib dimiliki para pengembang JAVA.  Android SDK berisi merupakan Application Programming Interface (API) yang berisi komponen- komponen dan apapun yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi Android.
  • JAVA Integrated Development Environment (IDE)
    IDE merupakan alat bantu berupa aplikasi, untuk mempermudahkan kita dalam melakukan pemgrograman terutama untuk melakukan desain Graphical User Interface (GUI) atau antar muka aplikasi. Dengan IDE untuk meletakkan komponen GUI dapat dilakukan dengan drag and drop komponen ke dalam form. Ada beberapa JAVA IDE yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android, misalnya NetBeans,IntelliJ IDEA, Eclipse. IDE yang paling banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android adalah Eclipse, karena itu saya sarankan untuk menggunakan Eclipse jika Anda ingin mengembanngkan aplikasi Android.
  • Android Developtment Tool (ADT)
    ADT merupakan plugin Android  yang didesain khusus  untuk Eclipse. Untuk mempermudah memulai pemrograman Android saat ini tersedia Eclipse yang telah bundle dengan SDK dan ADT, sehingga Anda hanya perlu melakukan satu kali download dan tools untuk mengembangkan Android telah terpenuhi. Silahkan download Eclipse yang telah bundle dengan ADT dan SDK di http://developer.android.com/sdk/index.html
  • No comments:

    Post a Comment