Wednesday, 23 December 2009

Tutorial J2ME : Membuat Canvas

Pertama Kita Membuat 2 Kelas.
Kelas Pertama Yakni  utama.java , Source Codenya sebagai berikut :

import javax.microedition.lcdui.Display;
import javax.microedition.midlet.*;

public class utama extends MIDlet {
Display display;
cover cover;

public utama()
{
display = Display.getDisplay(this);
cover = new cover(this, display);
}

public void startApp() {
display.setCurrent(cover);
}

public void pauseApp() {
}

public void destroyApp(boolean unconditional) {
}

public void keluar()
{
destroyApp(false);
notifyDestroyed();
}
}

Kemudian Kelas Ke 2  Yakni cover.java, Source Codenya Sebagai Berikut :

import javax.microedition.lcdui.Canvas;

import javax.microedition.lcdui.Command;
import javax.microedition.lcdui.CommandListener;
import javax.microedition.lcdui.Display;
import javax.microedition.lcdui.Displayable;
import javax.microedition.lcdui.Graphics;

public class cover extends Canvas implements CommandListener{
Display display;
utama utama;
Command keluar;
public cover(utama utama, Display display)
{
this.utama = utama;
this.display = display;
keluar = new Command("Exit", Command.EXIT, 1);
addCommand(keluar);
setCommandListener(this);
}

public void paint(Graphics g)
{
g.setColor(255, 0, 0);
g.drawRect(50, 60, 60, 60);
g.setColor(0, 0, 255);
g.fillRect(130, 60, 60, 60);
g.setColor(0, 255, 255);
g.fillTriangle(80, 140, 50, 200, 110, 200);
g.setColor(255, 255, 0);
g.drawLine(160, 140, 130, 200);
g.drawLine(160, 140, 190, 200);
g.drawLine(130, 200, 190, 200);
g.setColor(255, 0, 255);
g.drawString("Belajar Pemrograman", getWidth()/2, 230, Graphics.HCENTER|Graphics.TOP);
}

public void commandAction(Command c, Displayable d) {
if(c==keluar)
{
utama.keluar();
}
}
}

Kemudian Jalankan Dan Hasilmya Seperti Di Bawah Ini :


1 comment:

  1. terkait dengan penerapan J2ME, bisa diunduh artikel berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1219/1/17110075.pdf

    ReplyDelete