Friday 10 May 2013

Mudah Bikin Aplikasi iPhone & Android

Sejalan dengan pembahasan tentang pembuatan aplikasi mobile, ada satu perkakas yang bisa membantu kamu membuat aplikasi tanpa harus belajar pemrograman lebih dulu. 

Perkakas tersebut adalah iBuildApp. iBuildApp bisa diakses melalui web di alamat ibuildapp. com. Aplikasi yang bisa dibuat adalah aplikasi native untuk iPhone dan Android. Selain itu, iBuildApp juga bisa membantu membuat konten publishing di iPad. Terakhir, iBuildApp mampu juga membuat aplikasi berbasis HTML5 yang tentunya diharapkan bisa diakses di berbagai platform karena sifat HTML5 itu sendiri yang crossplatform.

Yuk, sekarang mari kita coba membuat aplikasi dengan iBuildApp. Langkah pertama tentu saja kamu harus membuka ibuildapp.com. Setelah itu, klik tombol “Create Your App NOW!” (tombol berwarna hijau yang terletak di sisi kanan). Bila kamu belum memiliki akun di iBuildApp, kamu harus registrasi dulu. Kamu bisa mendaftar untuk membuat akun baru atau login melalui Facebook.

Setelah mendaftar dan berhasil login, kamu akan mendapati sebuah tombol bertuliskan Create App. Di bagian atas tombol tersebut ada tiga buah tab yang mengelompokkan jenis aplikasi yang hendak dibuat, apakah aplikasi native untuk iPhone, Android, iPad atau Web Apps. Namun tidak terlalu menjadi masalah kamu berada di tab yang mana karena setelah tombol Create App diklik, akan muncul sebuah kotak dialog yang meminta kamu menentukan kategori aplikasi yang akan dibangun. Berikutnya, kamu akan diminta memilih template aplikasi yang akan dibuat. Template yang tersedia adalah:

• Bar & Restaurants: aplikasi informasi tentang bar dan restoran, khususnya tentang profil, menu, dan galeri foto bar/resto.
• Business/Small Business: aplikasi berisi profil perusahaan, bisa menunjukkan lokasi kantor sesuai Google Maps.
• E-book: aplikasi publikasi buku online.
• Gallery: aplikasi koleksi foto dan video.
• Healthcare: aplikasi untuk perusahaan klinik kesehatan, misalnya memberikan tips kesehatan untuk pelanggan serta menunjukkan lokasi...

No comments:

Post a Comment