Skip to main content

Tutorial J2ME : Membuat Canvas

Pertama Kita Membuat 2 Kelas.
Kelas Pertama Yakni  utama.java , Source Codenya sebagai berikut :

import javax.microedition.lcdui.Display;
import javax.microedition.midlet.*;

public class utama extends MIDlet {
Display display;
cover cover;

public utama()
{
display = Display.getDisplay(this);
cover = new cover(this, display);
}

public void startApp() {
display.setCurrent(cover);
}

public void pauseApp() {
}

public void destroyApp(boolean unconditional) {
}

public void keluar()
{
destroyApp(false);
notifyDestroyed();
}
}

Kemudian Kelas Ke 2  Yakni cover.java, Source Codenya Sebagai Berikut :

import javax.microedition.lcdui.Canvas;

import javax.microedition.lcdui.Command;
import javax.microedition.lcdui.CommandListener;
import javax.microedition.lcdui.Display;
import javax.microedition.lcdui.Displayable;
import javax.microedition.lcdui.Graphics;

public class cover extends Canvas implements CommandListener{
Display display;
utama utama;
Command keluar;
public cover(utama utama, Display display)
{
this.utama = utama;
this.display = display;
keluar = new Command("Exit", Command.EXIT, 1);
addCommand(keluar);
setCommandListener(this);
}

public void paint(Graphics g)
{
g.setColor(255, 0, 0);
g.drawRect(50, 60, 60, 60);
g.setColor(0, 0, 255);
g.fillRect(130, 60, 60, 60);
g.setColor(0, 255, 255);
g.fillTriangle(80, 140, 50, 200, 110, 200);
g.setColor(255, 255, 0);
g.drawLine(160, 140, 130, 200);
g.drawLine(160, 140, 190, 200);
g.drawLine(130, 200, 190, 200);
g.setColor(255, 0, 255);
g.drawString("Belajar Pemrograman", getWidth()/2, 230, Graphics.HCENTER|Graphics.TOP);
}

public void commandAction(Command c, Displayable d) {
if(c==keluar)
{
utama.keluar();
}
}
}

Kemudian Jalankan Dan Hasilmya Seperti Di Bawah Ini :


Comments

  1. terkait dengan penerapan J2ME, bisa diunduh artikel berikut http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1219/1/17110075.pdf

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aplikasi Penghitung Regresi Linear Sederhana

Aplikasi ini dibuat dengan java, menggunanakan driver odbc. Sebelum menjalankan aplikasi tambahkan dulu user data source pada odbc dengan nama accesdb,kemudian setting databasenya dengan database yg ada pada folder regresi yang sudah di download. Tampilan : Mohon maaf jika terdapat kesalahan, Semoga Bermanfaat.... Silahkan Download Projectnya : http://www.ziddu.com/download/9791456/hitung_regresi_sederhana.rar.html

Membuat Folder Dengan Java

import java.io.File; public class Main{ public static void main(String[] args) { try{ boolean success ; success = (new File("C:/Documents and Settings/Administrator/My Documents/keren/Mr.bayu")).mkdir(); if(success){ System.out.println("direktori tunggal berhasil dibuat"); }else{ System.out.println("direktori tunggal gagal dibuat"); } }catch(Exception e){ e.printStackTrace(); } } } Hasilnya :

Ebook Belajar Membuat Program Android

Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android ini dirancang untuk orang yang berminat menjadi developer atau pengembang aplikasi berbasis smatphone/tablet pc. Buku dilengkapi dengan pembahasan dan source code lengkap tentang berbagai aplikasi Android baik aplikasi yang bersifat local maupun aplikasi berbasis client-server seperti Aplikasi pemutar musik, Aplikasi Doa Harian Islam, Aplikasi Mobile-Learning dan berbagai aplikasi lainnya. Bahasan secara umum dalam tulisan ini adalah: - Istalasi Eclipse (Simulator Android Untuk windows) - Programming Android 1 (Hello Word) - Programming Android 2 (Linier Layout) - Programming Android 3 (Relative Layout) - Programming Android 4 (Table Layout) - Programming Android 5 (Menampilkan Gambar dan Mengganti Icon) - Programming Android 6 (Mengenal Widget Edit Teks) - Programming Android 7 (Menggunakan Check Box) - Programming Android 8 (Menggunakan Radio Button) - Programming Android 9 (Menggunakan Scroll View) - Programming A...